-->
  • Jelajahi

    Copyright © POTRET PERTANIAN
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cara Perbanyakan Bibit Nanas

    Selasa, Maret 29, 2016, Selasa, Maret 29, 2016 WIB Last Updated 2016-03-28T17:50:10Z


    masukkan script iklan disini
    potret pertanian Mengabarkan
    Kali admin akan membagikan sidikit tips untuk perbanyakan bibit nanas kapada sahabat potret pertanian semua. semoga pertemuan kali posting kali juga akan bermanfaat bagi para sahabat potret pertanian yang selalu setia berkunjung ke website sederhana ini, Pengalaman admin waktu bekerja disebuah perusahaan agro yang bergerak dibidang perkebunan nanas pepaya dan kelapa ini semoga juga bermanfaat buat kita semua. langsung aja ke TKP:

    pertama tama siapkan golok atau pisau, parang juga bisa, lalu ambil batang nanas yang sudah tua dan bersihkan dari daun atau kulitnya, Potong Pangkal batangnya dan bersihkan serabut akar yang biasanya melekat pada batang nanas yang paling bawah dan ujung ujung batang nanas dari pucuk sekitar 10 cm.
    kemudian batang nanas yang sudah dibersihkan tapi belahlah menjadi 4 bagian dan potong-potong sepanjang 4-5 cm, kira-kira seukuran korek api kayu,
    Selanjutnya siapkan bedengan tanah untuk media penyemaian bibit nanas dari phonya yang sudah dipotong - potong tersebut, gemburkan bedengan dan tinggikan sekitar 30 cm dari permukaan tanah awal, tujuanya supaya bibit yang kita semaikan tadi jika musim hujan tidak tergenang yang akanmengakibatkan busuk pada bibit nanas tersebut, karena pembibitan nanas yang kita buat dari batang nanas tersebut akan mudah busuk jika kelembapan tanag tinggi.
    setelah bedengan selesai kita buat, lalu tancapkan bibit yang sudah kita potong-potong tersebut kedalam tanah tapi jangan dikubur semua sisakan permuaan atas nya sedikit supaya batang tersebut masih dapat sinar matahari langsung untuk mengurangi kebusakan pada bibit yang kita semai.
    selanjut siram tanah tempat media dimna kita semaikan tadi dengan air dengan kelembapan kira-kira kelembapan sekitar 30 smapi 40%,.
    nah jika semua sudah teranam dalam jambangan persemaian tiap hari kita lihat yang tujuanya untuk melihat kelembapan tanah tempat persemaian, jika dirasa kelembapanya cukup tidak usah disiram dan jika tanahnya kering tentu harus dilakukan penyiraman,
    bibit yang kita semaikan tadi dalam 3 minggu akan mulai tumbuh dan menunggu besar untuk siap ditanam dilahan. bibit nanas bervariasi ada yang sampai 5 bulan siap ditanam dan ada yang lebih, tergantung dari faritas dan perawatan kita.
    nah demikian lah tips perbanyakan nanas yang admin bagikan semoga bermanfaat. untuk postingan yang akan datang admin akan membagikan bagaimana caranya memperbanyak Pohon pepaya melaui batang induknya, atau sistem cangkot. ok sahabat potret pertanian salam sukses selalu dan tunggu ya postingan yang akan datang. Baca Juga  Perbanyakan Pepaya melalui batang ( cangkok)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Benih Unggul

    +