-->
  • Jelajahi

    Copyright © POTRET PERTANIAN
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cara Mudah Membuat Bibit Kol Bunga

    Prasetyo Budi
    Minggu, Juli 24, 2016, Minggu, Juli 24, 2016 WIB Last Updated 2016-07-24T15:01:41Z


    masukkan script iklan disini

    Anda seorang petani sayur.?! Nah jika iya pastinya sudah merasakan betapa mahalnya untuk membeli sebuah bibit yang akan kita budidayakan. Nah berikut sedikit tips untuk membuat bibit sendiri, supaya lebih hemat. Yuk kita simak ulasan singkat berikut.

    Untuk menghasilkan sayuran yang berkualitas diawali dengan menggunakan benih yang baik. Hal ini berlaku pula untuk kubis bunga. Memproduksi benih kubis bunga yang berkualitas, ada beberapa tahapan yang dilalui. Benih kubis bunga dapat dibuat sendiri asal mengetahui tekniknya. Salah satu rahasianya ialah pemberian boron dan naungan untuk meningkatkan produksi benih. Tahapan tersebut yaitu penyiapan calon pohon induk, seleksi pohon induk, pemeliharaan pohon induk, panen dan penanganan benih, serta pengemasan dan penyimpanan.

    Untuk pertama membuat benih kubis bunga, seleksi benih calon pohon induk dengan cara merendam benih dalam air. Benih yang baik akan tenggelam dan yang buruk akan mengapung. Benih lalu direndam ± 12 jam atau sampai pecah agar cepat berkecambah. Selanjutnya, benih disemai dibedengan atau bumbungan yang dibuat dari daun pisang, kertas makanan berplastik atau polibag kecil. Bibit dipindahkan ke lapangan setelah memiliki 3-4 daun atau kira-kira berumur satu bulan.

    Pupuk yang digunakan berupa pupuk organik dan anorganik. Untuk pupuk organik dapat menggunakan pupuk kandang yang telah matang dengan takaran 12,5-17,5 t/ha (dengan asumsi populasi tanaman per hectare 25.000-35.000). Setelah berbunga, diseleksi tanaman yang akan dijadikan pohon induk, yaitu yang sehat dan bunganya bagus. Kemudian diberi tanda, setelah itu pemberian Boron dan pemasangan naungan dan ajir agar tidak rebah. Tangkai bunga diikat pada ajir agar tanaman dapat berdiri kokoh.
    potret pertanian
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini