-->
  • Jelajahi

    Copyright © POTRET PERTANIAN
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Sekilas Budidaya Tembakau di Kebun

    Prasetyo Budi
    Selasa, Agustus 30, 2016, Selasa, Agustus 30, 2016 WIB Last Updated 2016-08-30T14:37:40Z


    masukkan script iklan disini
     
    Potret Pertanian - Tau dengan Jenis tanaman yang satu ini.! Buat para perokok aktif pastinya sudah tidak asing lagi d engan tanaman bahan untuk membuat rokot, tradisioal maupun Pabrikan. Kali Potret Mengajak untuk mengenal Sekilas Budidaya Tembakau di Kebun siapa tau ada yang berminat untuk membudidayakan tanaman ini sekalipun hanya didepan rumah atau dipekaranga. bagi para perokok nih terutama saya anjurkan supaya lebih irit baiknya belar untuk membudidayaka Tembakau ini, hehe kan nanti tidak perlu beli lagi kan. wkwkwk Ok yuk kita simak Ulasan berikut.

    Tembakau adalah tanaman yang paling banyak dan populer dibudidayakan oleh petani. Daun tembakau sendiri dimanfaatkan untuk pembuatan bahan dasar rokok. Di Indonesia, tembakau yang baik hanya dihasilkan di daerah tertentu dan kualitas tembakau sangat ditentukan oleh lokasi dan pengolahan pascapanen.

    Anda berminat dengan budidaya tembakau. Proses budidaya tembakau ada beberapa tahap yang perlu anda ketahui dan dimengerti, salah satunya tanah harus keadaan subur. Di Indonesia budidaya tembakau sangat baik dan cocok, bila ini dilestarikan dan dikembangkan ini bisa menjadi masukan devisa negara.

    Budidaya tanaman tembakau tidak sulit, tinggal anda bisa telaten dan sabar dalam memeliharanya. Informasi budidaya tanaman tembakau dari berbagai sumber akan saya rangkum dan sharing dalam blogiztic.net. Cara budidaya tanaman tembakau yang benar tersaji sebagai berikut.

    Baca Juga : 
    Pengolahan tanah
    Pengolahan tanah dilaksanakan dengan menggunakan alat pertanian berupa hand Tractor minimal 2 x pembajakan untuk mempersiapkan media terbaik bagi proses penanaman tembakau dengan menjaga kesuburan tanah.

    Penanaman dan pemupukan
    Empat puluh lima hari s/d lima puluh hari (45 s/d 50) setelah benih ditabur, bibit ditanam pada tanah gudan di lahan yang telah dipilih dengan luasan yang sesuai dan perlu diketahui sebelum penanaman bibit perlu diadakan pemangkasan, agar tidak terjadi stagnasi. Pada tahapan penanaman ini dilakukan pemupukan I dengan memperhatikan jenis dan dosis serta cara pemupukan. Adapun pupuk yang digunakan NPK (Fertila) dengan dosis 10 gr/batang. Pemupukan ke II dengan umur tanaman 21 hari dilakukan Pemupukan dengan NPK (KNO 3) dengan dosis 5 gr/batang.

    Pembubunan dan pengairan
    Pembumbunan adalah proses yang dilakukan untuk tanah tetap gembur, sebagai persiapan media tumbuh yang baik bagi tanaman tembakau dan sekaligus untuk membersihkan tanaman pengganggu ( Gulma ). Adapun sistim irigasi (Pengairan) yang tepat sangat penting dalam menjamin kualitas clan tingkat produktifitas tembakau virginia.

    Punggel dan wiwil atau suli
    Punggel dan wiwil/suli memastikan penggunaan bahan gizi tanaman dalam proses pengembangan daun tembakau untuk mendapatkan jumlah daun, berat daun dan kualitas tinggi yang akan memberikan basil maksimal bagi petani. Penggunaan sukirisida alami dilakukan dengan alasan biaya produksi, penerapan teknologi ramah lingkungan yang semua ini dilakukan pada waktu yang tepat. Dalam pelaksanaan wiwilan sangat penting sekali karena akan berpengaruh terhadap ketebalan daun/berat daun.

    Pengendalian hama dan penyakit terpadu
    Pengendalian Hama Terpadu dilaksanakan sesuai kondisi tanaman yang ada dengan memprioritaskan penggunaan Bio Pestisida dengan pengawasan secara berkala, terhadap residu pestisida baik pada tanaman tembakau virginia. Adapaun penggunaan pestisida dan bahan kimia bisa digunakan (Dancis, Furadan) tergantung serangan hama yang ada.

    Panen tembakau
    Pemanenan adalah suatu tahapan yang sangat penting diperhatikan dalam mendapatkan kualitas panenan yang tinggi. Adapun yang hams diperhatikan sebagai berikut :
    - Kematangan daun
    - Keseragaman daun dalam proses penanaman
    - Penanganan daun hasil panenan
    Sebagian besar dari varietas tembakau dipanen berdasarkan tingkat kematangan daunnya dilakukan mulai dari daun bawah sampai daun atas dengan pemetikan 2 sampai 3 daun pada setiap tanaman dengan interval satu minggu hingga daun tanaman habis.
    Ciri-ciri daun tembakau masak
    - Wama daun sudah mulai hijau kekuningan dengan sebagian ujung dan tepi daun
    - berwama coklat.
    - Wama tangkai daun hijau kuning, keputih-putihan.
    - Posisi daun/tulang daun mendatar
    - Kadang-kadang pada lembaran daun ada bintik-bintik coklat, sebagai lambang ketuaan.
    Nah demikian ya sahabat Potret Pertanian  Sekilas Budidaya Tembakau di Kebun, semoga bermanfaat selamat mencoba dan sala ukses selalu ya.

    Baca Juga : 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Benih Unggul

    +